Air Susu Ibu


ASI

ASI (Air Susu Ibu) adalah minuman alami untuk bayi sekaligus sarana interaksi antara ibu dan anak saat masih kecil. Dengan pemberian ASI perkembangan seorang bayi akan lebih optimal, hal ini karena dalam ASI terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Selain itu, pemberian ASI kepada bayi juga dapat menguntungkan seorang ibu untuk mengurangi terjadinya penyakit kanker payudara akibat hormon estrogen dalam tubuh.
ASI (Air Susu Ibu) itu terbentuk bersamaan dengan kehamilan seseorang. Dimana pada saat seseorang ibu mengalami kehamilan, payudaranya akan semakin padat, tegang dan membesar karena mengandung banyak air, lemak serta berkembangnya kelenjar-kelenjar payudara.
Bersamaan dengan semakin membesar dan bertambahnya usia kehamilan, perkembangan dan pembentukan ASI juga semakin terlihat. Payudara akan semakin membesar, pembuluh darah semakin tampak dan puting susu akan lebih menonjol serta dikelilingi dengan warna kehitaman.
ASI minuman alami bayi dengan komposisi yang sesuai akan membuat bayi berkembang dan tumbuh dengan sehat. Walaupun ASI sangat berperan dengan perkembangan seorang bayi, namun dalam kenyataanya seorang ibu lebih memilih susu kemasan untuk pertumbuhan seorang bayi. Padahal, hal itu kurang baik untuk bayi karena dalam susu kemasan terkandung banyak zat kimia yang berbahaya untuk bayi, misal: zat pengawet dan zat pewarna.
Penggunaan susu kemasan untuk bayi terjadi karena seorang ibu kurang mengetahui manfaat ASI untuk bayi maupun ibu. Berikut adalah manfaat ASI untuk bayi maupun ibu:
  • Manfaat ASI untuk bayi:
    • ASI mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi.
    • ASI sangat mudah dicerna oleh bayi.
    • ASI kaya antibody yang berguna untuk melindungi bayi dari penyakit.
    • ASI juga menurunkan resiko terjadinya diare, infeksi saluran nafas bagian bawah, infeksi saluran kencing, dan juga menurunkan resiko kematian bayi mendadak.
    • Menurut penelitian di Denmark pemberian ASI sampai lebih dari 9 bulan dapat meningkatkan kecerdasan bayi saat dewasa. Hal ini diduga ASI mengandung DHA/AA.
    • Pemberian ASI juga merupakan sarana interaksi antara ibu dan anak untuk saling menyayangi.
  • Manfaat ASI untuk ibu:
    • Memberikan ASI kepada bayi dapat mengembalikan ukuran rahim ke ukuran semula.
    • Memberikan ASI dapat menurunkan berat badan ibu.
    • Mencegah seorang ibu terkena penyakit kanker payudara karena hormone estrogen dalam tubuh.

ASI (Air Susu Ibu) memang memiliki banyak manfaat, maka dari itu sangat dianjurkan kepada seorang ibu untuk menyusui bayinya dengan ASI. Hal ini dapat membuat seorang bayi akan menjadi cerdas saat dewasa. Dengan pemberian ASI kepada bayi akan lebih menjamin pertumbuhan bayi yang sehat daripada dengan susu kemasan. Maka dari itu berikanlah ASI kepada bayi Anda secara teratur sebagai tanda bersyukur atas Karunia-Nya. Selain itu, jadikanlah ASI sebagai hadiah terbaik dan terindah untuk bayi Anda atas kelahirannya.


No Response to "Air Susu Ibu"

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
powered by Blogger | For Blogservices