Tips Tepat Memilih Makanan Menjelang Tidur


Pernahkah Anda merasa cepat tidur atau merasa susah tidur setelah memakan makanan tertentu? Memang beberapa jenis makanan dan minuman ternyata berkhasiat membantu Anda lekas terlelap. Sebaliknya, ada pula jenis mekanan yang justru menghambat tubuh Anda beristirahat. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi dan mana yang sebaiknya dihindari agar tidur Anda nyenyak? Berikut ini tips tepat memilih makanan menjelang tidur:
DIANJURKAN
  1. Mineral Magenseium dan Kalsium
Mineral ini berguna untuk meredakan stress dan membantu mendapatkan tidur lebih berkualitas. Magnesium berguna membantu otot melakukan relaksasi. Kekurangan magnesium bisa menimbulkan rasa ngilu dan membuat tubuh terasa sakit. Kalsium memiliki efek menenangkan pada otak dan saraf.
  1. Karbohidrat Kompleks
Makanan seperti roti dan crackers dapat pula membantu tidur. Konsumsi karbohidrat kompleks akan memicu produksi serotonin, yaitu suatu neutransmetter otak yang merangsang rasa kantuk. Namun jangan mengonsumsinya terlalu dekat dengan waktu tidur, karena bisa menyibukkan organ pencernaan.
  1. Susu
Susu kaya akan kandungan asam amino tripofan yang dapat membantu pengeluaran serotin sehingga memudahkan tisur. Tripofan juga memacu pengeluaran hormone melatonin yang berguna mengatur ritme alami tubuh.
  1. Kacang-kacangan
Jenis makanan ini kaya akan niasin (vitamin B) yang dapat merangsang produksi serotin. Alternatif lainnya adalah mengonsumsi ikan atau daging ayam yang juga banyak mengandung niasin.
DIHINDARI
  1. Karbohidrat Sederhana
Menjelang tidur, hindari karbohidrat sederhana seperti gula, sirup dan makanan manis lainnya. Karbohidrat sederhana berdifat meningkatkan gula darah dan merupakan penghasil energi instan sehingga Anda akan merasa bersemangat ketika semestinya sudah mengantuk.
  1. Tyramin
Konsumsi makanan yang mengandung tyramin seperti coklat, keju, sayur bayam dan tomat menjelang tidur juga tidak dianjurkan. Makanan tersebut mengandung tyramin yang merangsang produksi hormone neropinefrin. Hormon ini berperan membuat otak tetap terjaga.
  1. Kafein dan Rokok
Terlalu banyak minum kopi atau minuman berkafein lainnya, menghisap rokok, serta minum minuman beralkohol menjelang tidur adalah kebiasaan yang dapat memicu insomnia. Kafein dapat meningkatkan denyut jantung sehingga Anda sulit berisitrahat.
  1. Alkohol
Konsumsi alcohol dapat mengurangi kadar vitamin B yang berguna mendukung fungsi system saraf. Sedangkan, nikotin di dalam rokok bersifat neurostimulan yang justru membuat Anda bersemangat ketika sedang butuh istirahat.
Oya perhatikan makanan yang akan Anda makan sebelum tidur. Karena tidak semua makanan selalu menyebabkan Anda cepat ngantuk. Hehehe semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat Anda.

sumber:


No Response to "Tips Tepat Memilih Makanan Menjelang Tidur"

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
powered by Blogger | For Blogservices