Haid Tidak Lancar

Haid Tidak Lancar

Pengertian Menstruasi atau Haid
Menstruasi atau Haid adalah Pengeluaran secara periodik darah dan sel – sel darah tubuh yang keluar melalui vagina yang berasal dari dinding rahim ( endometrium ) secara berulang setiap bulan. Menstruasi atau haid yang dialami wanita adalah hal normal, tidak normal jika wanita tidak mengalami menstruasi atau haid.
Menstruasi atau haid merupakan bagian dari proses reguler yang mempersiapkan tubuh wanita setiap bulannya untuk kehamilan atau mengandung anak. Menstruasi atau haid melibatkan beberapa tahap yang dikendalikan oleh interaksi hormon yang dikeluarkan oleh hipotalamus, kelenjar dibawah otak depan, dan indung telur. Lapisan sel rahim mulai berkembang dan menebal, lapisan ini berperan sebagai penyokong bagi janin yang sedang tumbuh bagi wanita hamil.

Biasanya menstruasi atau haid mulai di alami wanita antara umur 10 – 16 tahun, tergantung dari berbagai faktor diantaranya : kesehatan fisik wanita, status nutrisi, emosi, dan berat tubuh yang relatif terhadap tinggi tubuh, tetapi untuk jaman sekarang ini, seorang wanita bisa mengalami menstruasi atau haid pada umur 8 – 11 tahun.

Hari pertama terjadinya menstruasi ditandai sebagai awal setiap siklus menstruasi ( hari ke -1 ). Menstruasi itu sendiri dialami wanita dalam 3 sampai 7 hari. Hanya 10 -15 % wanita yang memiliki siklus menstruasi normal 28 hari.

Banyak wanita yang mengalami tanda – tanda atau gangguan yang cukup berat menjelang atau sedang mengalami menstruasi, seperti : perut keram, sakit kepala, gelisah, cepat merasa lelah, hidung tersumbat, payudara membengkak, puting susu nyeri, ingin menangis, mudah tersinggung, timbul jerawat, susah tidur, perubahan nafsu makan, perut kembung, anemia, dsb.

Penyebab seperti ini biasanya juga didukung karena adanya faktor sosial, budaya, biologis, dan psikis. Sindrom ini terjadi pada wanita usia subur sekitar 70 -90 % berusia 20 – 40 tahun.
Siklus lamanya menstruasi bisa diketahui dengan membuat catatan pada kalender, anda bisa mengetahui siklus setiap bulannya. Hal ini dapat membantu anda dalam memperkirakan siklus yang akan datang.
Jenis dan berat gejala bervariasi pada setiap wanita berbeda  satu dengan lainnya dan bervariasi pula pada setiap bulannya. Wanita yang mengalami penyakit jaringan ikat ( misalnya lupus atau artritis rematoid ) bisa mengalami kekambuhan seperti kejang – kejang.

http://www.haidtidaklancar.com/


No Response to "Haid Tidak Lancar"

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
powered by Blogger | For Blogservices