Penyebab Menstruasi atau Haid Tidak Lancar

Penyebab Menstruasi atau Haid Tidak Lancar

Ada beberapa wanita yang mengalami menstruasi atau haid tidak lancar, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat diketahui, misalnya : stress, mengangkat beban berat, berat badan yang mudah naik atau turun, atau penyakit dsb. Kondisi tersebut dikenal sebagai Amenore atau kegagalan menstruasi dalam waktu yang cukup panjang.

Sebaliknya, beberapa wanita mengalami aliran menstruasi atau haid yang berlebihan, aliran darah menjadi banyak, berlangsung lebih lama dari menstruasi normal, kondisi ini dikenal sebagai Menoragi.
Mungkin dari penjelasan secara singkat berikut ini dapat membantu anda mengetahui penyebab – penyebab lain haid tidak lancar. Misalnya :

- Terganggunya fungsi hormonal, disebabkan karena adanya gangguan atau ketidak seimbangan organ – organ penghasil hormon seperti esterogen dan progesteron

- Gangguan berat badan yang berlebih atau kurang, hal ini juga dapat menyebabkan gangguan dalam metabolisme lemak yang akan mempengaruhi kadar esterogen dalam tubuh.

- Siklus haid dengan jarak yang cukup lama, maksudnya jarak antara menstruasi pertama dengan kedua rentan waktunya cukup lama, contoh : haid bulan pertama jarak waktunya 3 bulan dengan haid kedua. Biasanya hal ini disbabkan tidak di dahului oleh keluarnya sel telur.

- Nutrisi yang tidak seimbang. Konsumsi nutrisi dari makanan yang anda makan setiap hari tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

- Melakukan diet yang tidak benar atau buruk. Biasanya wanita yang melakukan diet mengurangi sedikit asupan makanan seperti karbonhidrat yang penting dalam tubuh, bisa membuat tubuh menjadi lemas.

- Penyakit Diabetes atau penderita tumor. Kadar gula darah yag berlebih dalam tubuh sangat mempengaruhi ketidak lancaran dalam menstruasi, atau mengeluarkan darah yang berlebih selama menstruasi dalam jangka waktu yang lama. Bisa dikatakan dalam 1 bulan 2 – 3 kali menstruasi.

- Penyakit Kista, biasanya para penderita kista akan mengalami menstruasi atau haid dengan siklus yang tidak menentu. Cairan darah yang dikeluarkan sedikit berbeda dengan orang haid normal.

http://www.haidtidaklancar.com/


No Response to "Penyebab Menstruasi atau Haid Tidak Lancar"

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
powered by Blogger | For Blogservices