Peninggalan Pubalingga


 Peninggalan Pubalingga
Purbalingga - Legenda Wilayah Purbalingga yang menjadi tempat asal-usul manusia purba, ternyata semakin terlihat jelas. Tim Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Purbalingga, Selasa (8/9) menemukan kembali tujuh Menhir sekaligus. Temuan tujuh batu tempat pemujaan ini berada dalam radius dua kilometer dari temuan dua buah menhir sebelumnya pada akhir bulan lalu. Lokasi penemuan kali ini berada di Dukuh Arca, Kadus V, Desa Tunjungmulih, Kecamatan Karangmoncol.
Arkeolog dari Disbudparpora Adi Purwanto, S.Si,  M.Si mengungkapkan, temuan tujuh buah menhir ini sangat luar biasa. Karena dalam sejarah, baru pertama kali temuan spektakuler tentang tanda-tanda jaman pra-sejarah.
Posisi temuan Menhir kali ini sangat berserakan. Letaknya juga tidak beraturan, berbeda pada temuan dua buah Menhir sebelumnya yang menunjukkan arah Utara-Selatan. Diatas temuan batu yang berserakan, terdapat punden berundak yang tertata rapi,” kata Adi Purwanto.
Dijelaskan Adi, temuan Menhir tersebut dipastikan berasal dari jaman Megalitikum pada Abad I dan II. Ukuran Menhir bervariasi antara 2 hingga 3 meter. “Struktur menhir kali ini lebih halus dibanding temuan sebelumnya. Ukuran terbesar bahkan ada yang lebih dari 3 meter. Ukuran ini terbesar di Indonesia,” kata Adi Purwanto.
Adi menambahkan, temuan Menhir tersebut untuk sementara tetap dibiarkan pada lokasi penemuan. Hanya saja, lokasi temuan dipagar agar tidak rusak. “Kami akan meneliti temuan ini bersama tim dari Balai Perlindungan Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng, Rabu (9/8) besok,” kata Adi. (yit-Humas Pbg)



No Response to "Peninggalan Pubalingga"

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
powered by Blogger | For Blogservices